Wednesday, October 12, 2011

Ayo Rancang Eksperimen Angkasa bersama Youtube



youtube Youtube Space Lab 
 
 
 
Layanan sharing video milik Google, Youtube, dan perusahaan komputer Lenovo bekerjasama dengan lembaga Amerika Serikat, Eropa dan Jepang meluncurkan Youtube Space Lab untuk meningkatkan minat dan gairah pelajar dalam bidang sains.
"Google didirikan oleh seorang ilmuwan, jadi menginspirasi generasi ilmuwan berikutnya adalah hal yang sangat penting bagi kita," kata Zahaan Bharmal, Head of Marketing Google untuk wilayah Eropa, Afrika dan Timur Tengah, seperti dikutip AFP Senin (10/10/2011).
Untuk menarik minat, Youtube Space Lab menantang setiap pelajar untuk merancang ide penelitian yang akan dilakukan di International Space Station. Kompetisi ini terbuka untuk pelajar di mana pun yang berusia 14-18 tahun.
"Kami akan mengambil 2 eksperimen terbaik, memasukkannya dalam roket dan mengirimnya ke ISS," tambah Bharmal. Eksperimen akan dikirim menggunakan roket Jepang, dikontrol dengan komputer milik Lenovo dan disiarkan secara live di Youtube dengan bantuan NASA.
Kompetisi ini bukan main-main. Jurinya saja terdiri dari orang-orang ternama dalam bidang astronomi dan kosmologi. Salah satu jurinya adalah Stephen Hawking, fisikawan dan kosmolog yang mengguncang dunia lewat buku-bukunya.
Kesempatan untuk mengirim ide terbuka hingga bulan Desember. Pemenang akan diumumkan pada bulan Maret. Dua pelajar terpilih juga akan mendapat hadiah berkunjung ke salah satu tempat peluncuran roket atau fasilitas training kosmosnot di Rusia.
Selain dua pemenang utama, akan ada juga enam pemenang dari tiap wilayah yang akan diberi kesempatan mencoba merasakan keadaan di gravitasi nol seperti ISS lewat simulasi. Berminat? Untuk informasi lebih lanjut, bisa dibuka di youtube.

No comments:

Post a Comment