Monday, October 10, 2011

"Big Bang" di Saku Celana



  CERN Simulasi di dalam LHC.
 
 
 Eksperimen terbesar di muka Bumi, Large Hadron Collider di CERN Geneva, berusaha menjawab pertanyaan fundamental tentang asal-usul alam semesta, muasal massa, struktur ruang dan waktu, serta kondisi yang ada pada masa awal terbentuknya alam semesta. Eksperimen tersebut begitu rumitnya sehingga tak banyak orang memahami maksud, tujuan, dan prosesnya.
Kini dengan aplikasi LHSee yang tersedia di Google Android Marketplace, khalayak umum bisa mempelajari serta menikmati sisi menyenangkan dan mengagumkan dari eksperimen tersebut. LHSee ditujukan, baik bagi kalangan pakar maupun non-pakar.
Aplikasi ini dirancang oleh Oxford University dan ATLAS, salah satu unit eksperimen di LHC. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di tautan Google Android Marketplace di https://market.android.com/details?id=com.lhsee. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa berinteraksi dengan proses tumbukan dalam 3D.
Pengguna juga bisa mengetahui perangkat yang ada di LHC CERN, mulai dari detektor dan caranya bekerja, bermacam tipe tumbukan, serta lainnya. Dengan LHSee, "Big Bang" kini bak ada di saku celana. LHSee kini sudah mendukung pemakaian dalam beberapa bahasa, Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Swedia. Aplikasi ini bisa diaktifkan di seluruh smartphone dan tablet dengan sistem operasi Android. Berminat mencoba?

No comments:

Post a Comment