Thursday, October 20, 2011

Informasi Kematian Khadafy Masih Simpang-siur



 
AFP PHOTO/PHILIPPE DESMAZES Foto dari telepon selular memperlihatkan pemimpin tersingkir Libya Moammar Khadafy tertangkap di Sirte, Kamis (20/10/2011).



 Sebuah pernyataan konfirmasi datang dari Komandan Militer Pemerintahan Transisi Nasional Libya (NTC) Abdul Hakim Belhaj. Sebagaimana warta Al Jazeera pada Kamis (20/10/2011), Belhaj mengatakan kalau pemimpin tersingkir Libya sudah tewas lantaran luka-luka yang dideritanya pascapenangkapan di Sirte.
Informasi lainnya juga menunjukkan kalau saat penangkapan yang didahului baku tembak sengit antara pasukan opisisi versus pendukungnya, Moammar Khadafy didampingi oleh panglima perangnya Abu Bakr Younus Jabr. Sementara, di dekat Sirte, Juru Bicara Khadafy, Moussa Ibrahim juga tertangkap. "Saya melihat dengan mata kepala sendiri, Younus Jabr tertangkap," kata Komandan Brigade 11 Pasukan Oposisi Abdul Hakim Al Jalil kepada media.
Menurut Al Jalil, pihak oposisi membawa Abu Bakr Younus Jabr dan Moussa Ibrahim ke sesuatu tempat sesudah penangkapan tersebut.
Sebelumnya, masih menurut Al Jazeera, seorang komandan lapangan pasukan NTC, Jamal Abu-Shaalah mengatakan kalau Moammar Khadafy tertangkap. Tapi, ia sendiri tak bisa menjelaskan apakah Khadafy dalam keadaan hidup atau mati.
Tak berhenti sampai di situ, Pejabat Senior Pasukan Oposisi Abdel Majid juga berbicara kepada media massa. "Khadafy tertangkap. Ia terluka di kedua kakinya. Khadafy dibawa dengan ambulans setelah tertangkap," kata Abdel Majid.
Sementara, foto yang menunjukkan seseorang terluka yang belum terkonfirmasi apakah yang bersangkutan betul-betul Moammar Khadafy memang sudah menyebar ke mana-mana. Termasuk di dunia maya.
Lagi-lagi, ada pernyataan datang dari pihak NTC. Kali ini, anggota Komite Keamanan NTC Kolonel Mostafa Noah yang berbicara. Terhadap foto itu ia mengatakan,"Ya, itu betul."

No comments:

Post a Comment